Kamis, 10 November 2011

Artikel Kesehatan - Ane A.S. dan T.Senja B

TEH MINUMAN BAGI KESEHATAN

1.     Pengertian Teh

Teh adalah minuman yang mengandung kafein, teh dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis[1]dengan air panas. Teh merupakan sumber alami kafein.Teh bila diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.Konsumsi teh di Indonesia sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun masih jauh di bawah negara-negara lain di dunia, walaupun Indonesia merupakan negara penghasil teh terbesar nomor lima di dunia[2].

2.     Pengolahan Teh

Pengolahan daun teh sering disebut sebagai "fermentasi" walaupun sebenarnya penggunaan istilah ini tidak tepat. Pemrosesan teh tidak menggunakan ragi dan tidak ada etanol yang dihasilkan seperti layaknya proses fermentasi yang sebenarnya. Pengolahan teh yang tidak benar memang bisa menyebabkan teh ditumbuhi jamur yang mengakibatkan terjadinya proses fermentasi. Teh yang sudah mengalami fermentasi dengan jamur harus dibuang, karena mengandung unsur racun dan unsur bersifat karsinogenik.[3]

3.     Komposisi

Teh mengandung sejenis antioksidan yang bernama katekin. Pada daun teh segar, kadar katekin bisa mencapai 30% dari berat kering. Teh hijau dan teh putih mengandung katekin yang tinggi, sedangkan teh hitam mengandung lebih sedikit katekin karena katekin hilang dalam proses oksidasi. Teh juga mengandung kafein (sekitar 3% dari berat kering atau sekitar 40 mg per cangkir), teofilin dan teobromin dalam jumlah sedikit[4].

4.     Jenis-Jenis Teh

a.      Bancha
Bancha adalah teh tradisional dari Jepang. Daunnya lebih kasar, rendah kafein serta tinggi zat tannin.

b.      Bunga Kwai Teh Cina ini diberi nama Bunga Kwai yang berasal dari kumpulan bunga Osmanthus[5]. Tumbuhan ini merupakan tanaman beraroma manis dengan cita rasa yang kuat.

c.       Chun Mee
Teh hijau berasal dari Cina dengan daun yang panjang dan menggulung.

d.      Genmaicha
Teh yang berasal dari Jepang dengan aroma beras coklat panggang dan popcorn . Merupakan minuman berwarna coklat muda beraroma sedap: sedikit asin, berasa biji-bijian dengan menyembunyikan rasa manis.

e.       Gunpowder
Jenis teh hijau dengan daun keras dan bergulung dengan rapat. Daunnya digulung seperti bentuk bola dengan ukuran seragam menggunakan telapak tangan dan diatas panci perebus.

f.        Keemun
Teh berdaun hitam klasik dari Cina dengan daun kecil, lembut dan beraroma manis. Kadar kafeinnya rendah dibandingkan teh hitam lainnya. Digunakan sebagai komponen dalam berbagai macam “Teh Rusia” karena kadar tanninnya yang rendah.
   
g.      Sencha
Sencha mungkin merupakan jenis teh yang paling populer di Jepang dimana memiliki daun datar dan panjang. Sencha Jepang memiliki rasa segar dan sedikit manis, sedangkan Sencha Cina mengingatkan pada bau rumput kering segar dan beraroma kuat.

h.      Teh Melati
Kemungkinan merupakan teh beraroma yang terbaik dari Teh Cina. Diberi wewangian secara eksklusif dengan bunga melati yang lembut, dimana aroma wangi bunga melati akan hilang setelah 20 jam pemetikan, dan karenanya harus segera ditambahkan ke dalam teh untuk memberikan aroma yang dikehendaki[6]

5.     Manfaat Teh
  • Berkhasiat untuk membantu tubuh melawan virus
  • Dapat mengurangi stress
  • Dapat menghilangkan kelelahan dan keletihan
  • Membantu menghalangi penyebaran virus HIV aids
  • Mengurangi dampak dari merokok
  • Memperlambat proses penuaan[7]


[1] Nama Latin Tanaman Teh
[2] www.google.com, “TEH” ,http://id.wikipedia.org/wiki/Teh.html
[3] Ibid
[4] Ibid
[5] Tumbuhan yang berasal dari Negeri China
[7] www.google.com, “Manfaat dan Khasiat Teh” , http://www.mizzu.net/2011/02/manfaat-dan-khasiat-teh-hijau.html

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More