Kamis, 10 November 2011

Teknologi Industri Pertanian Sebagai Teknologi Manufaktur Pertama Peradaban Umat Manusia

Oleh : Hani Rahmi Gumati & Novani Nur Wijaya

Peradapan yang masih berlangsung dan terus berkembang hingga saat ini adalah teknologi pertanian.Teknologi pertanian adalah awal dari semua sistem manufaktur yang ada di dunia[1]. Banyak yang berpendapat bahwa teknologi mesin adalah awal dari peradaban revolusi industri pada abad ke 18, padahal sesungguhnya kebutuhan utama manusia adalah makanan atau pangan. Indonesia adalah negara agraris dimana mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.
            Dulu manusia masih berperilaku primitif dan belajar pada alam, kini manusia mulai menerapkan teknologi manufakur.Awal dari teknologi manufaktur pertama di dunia sebuah mesin yang banyak merubah peradaban manusia dan menimbulkan paham komunis. Pada saat itu semua tenaga manusia digantikan oleh mesin uap sebagai alasan untuk minimasi ongkos produksi [2].                              
            Dahulu traktor adalah teknologi yang sangat dibutuhkan sebagai sarana untuk menggarap lahan pertanian,dan menjadikan industri pertanian sebagai peradaban pertama di Indonesia. Prospek pertanian indutri di Indonesia yaitu memanfaatkan kekayaan alam yang bisa digunakan untuk pengembangan ekonomi pada sector pertanian[3].


[1] Boy Macklin, “Teknologi Industri Pertanian Sebagai Teknologi Manufaktur Pertama Peradaban Umat Manusia Pertama”, http://onlinebuku.com/2008/08/23/teknologi-industri-pertanian-sebagai-teknologi-manufaktur-pertama-peradaban-umat-manusia-1/
[2] Ibid
[3] Anne Ahira, “Peran Penting Industri Pertanian bagi Indonesia”, http://www.anneahira.com/industri-pertanian.htm

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More