Rabu, 16 November 2011

Foot note reza dan iqbal


Serba-serbi Buah Naga

            Buah Naga adalah buah yang unik. Selain karena bentuknya yang aneh, buah ini juga mempunyai sejarah yang menarik. Manfaat dari buah naga itu pun sendiri sangat banyak.
Sejarah Buah Naga.

            Tau kah kalian tentang sejarah dari buah naga itu sendiri ?
Buah naga adalah buah dari beberapa jeniskaktusdarimarga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui diOkinawa, Israel, Australia Utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari. Pada tahun1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyanake Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan diantara dua ekor patung naga. Warna merah buah terlihat mencolok diantara warna naga-naga yang hijau.dari kebiasaan inilah buah itu dikalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya China dikenal sebagai thang loi ( buah naga ). Istilah Thang loi kemudian diterjemahkan di Eropa dan Negara lain yang berbahasa Inggris sebagai Dragon Fruit ( buah naga )[1].

 Buah naga mempunyai morfologi yang sangat unik. Berikut adalah morfologi dari buah naga. 
http://www.naturindonesia.com/images/stories/agro/buah_naga/buah%20naga.jpg
Tanaman buah naga merupakan jenis tanaman memanjat. Di habitat aslinya tanaman ini memanjat tanaman lainnya untuk menopang dan bersifat epifit masih bisa hidup meskipun akarnya yang ditanah dicabut karena masih bisa memperoleh makanan dari udara melalui akar yang tumbuh dibatangnya. Secara morfologis tanaman ini termasuk tanaman tidak lengkap karena tidak memiliki daun [2].             
  








[1]Ahmad Habibi, “Artikel Buah Naga”, http://www.scribd.com/doc/59986449/artikel-BUAH-NAGA

[2] Rizki Kamil, ”Buah Naga”, http://www.naturindonesia.com/buah-naga.html

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More