Senin, 24 Oktober 2011

Ane Amalia Santi


  • IDENTITAS BUKU

-    JUDUL                         : Perahu Kertas
-    PENGARANG                 : Dewi Lestari
-    PENERBIT                    : Truedee Pustaka Sejati
-    TAHUN TERBIT             : 2009
-    KOTA TERBIT              : Jakarta
-    TEBAL BUKU                : 444 Halaman
-    HARGA BUKU               : Rp.65000,-

  • SINOPSIS

PERAHU KERTAS

Buku ini menceritakan tentang persahabatan antara Keenan,Kugy,Noni dan Eko.Cerita ini dimulai dari Keenan,ia adalah siswa lulusan Amsterdam yang sangat menyukai dunia lukis,bahkan ia sangat ingin menjadi seorang pelukis,tapi itu bertentangan dengan keinginan papanya yang menginginkan dia menjadi seorang pengusaha.Disisi Lain ada Kugy,ia adalah wanita unik dan eksentrik,sejak kecil ia sangat suka sekali dengan dongeng,ia selalu membuat cerita-cerita dongeng.

Mereka dipertemukan oleh pasangan Noni dan Eko,Eko adalah sepupu Keenan,sedangkan Noni adalah sahabat Kugy sejak kecil.Seiring berjalannya waktu,mereka ternyata saling mengagumi dan diam-diam saling jatuh cinta,tak ada satupun orang yang tahu tentang perasaan mereka,kecuali diri mereka sendiri.Keinginan untuk bersama sangatlah tidak mungkin,karena Kugy pada saat itu sudah memiliki kekasih yang bernama Joshua,sedangkan Keenan sedang di comblangkan dengan seorang curator muda yang bernama Wanda oleh Eko dan Noni.

Persahabatan empat sekawan itu pun akhirnya merenggang,mereka memiliki kesibukan masing-masing,Kugy menyibukkan dirinya dengan menjadi relawan di sakola alit,sedangkan Keenan masih disibukkan dengan pameran yang akan digelar di galeri milik papanya Wanda.Hubungan antara Keenan dan Wanda yang awalnya berjalan  mulus,berakhir dengan sia-sia,karena belakangan Keenan tahu bahwa Wanda berbohong tentang lukisan-lukisannya,awalnya ia percaya bahwa lukisannya laku terjual,ternyata yang membelinya adalah Wanda sendiri,ia kasihan pada Keenan.Dengan hati hancur Keenan meninggalkan kehidupannya di Bandung dan tinggal di Ubud bersama teman ibunya,pak Wayan.

Kugy, yang juga sangat kehilangan sahabat-sahabatnya dan mulai kesepian di Bandung, menata ulang hidupnya. Ia lulus kuliah secepat mungkin dan langsung bekerja di sebuah biro iklan di Jakarta sebagai copywriter. Di sana, ia bertemu dengan Remigius, atasannya sekaligus sahabat abangnya. Kugy meniti karier dengan cara tak terduga-duga. Pemikirannya yang ajaib dan serba spontan membuat ia melejit menjadi orang yang diperhitungkan di kantor itu.
Namun Remi melihat sesuatu yang lain. Ia menyukai Kugy bukan hanya karena ide-idenya, tapi juga semangat dan kualitas unik yang senantiasa terpancar dari Kugy. Dan akhirnya Remi harus mengakui bahwa ia mulai jatuh hati. Sebaliknya, ketulusan Remi juga akhirnya meluluhkan hati Kugy.

Sayangnya, Keenan tidak bisa selamanya tinggal di Bali. Karena kondisi kesehatan ayahnya yang memburuk, Keenan terpaksa kembali ke Jakarta, menjalankan perusahaan keluarganya karena tidak punya pilihan lain.

Pertemuan antara Kugy dan Keenan tidak terelakkan. Bahkan empat sekawan ini bertemu lagi. Semuanya dengan kondisi yang sudah berbeda. Dan kembali, hati mereka diuji. Kisah cinta dan persahabatan selama lima tahun ini pun berakhir dengan kejutan bagi semuanya. Akhirnya setiap hati hanya bisa kembali pasrah dalam aliran cinta yang mengalir entah ke mana. Seperti perahu kertas yang dihanyutkan di parit, di empang, di kali, di sungai, tapi selalu bermuara di tempat yang sama. Meski kadang pahit, sakit, dan meragu, tapi hati sesungguhnya selalu tahu.


  • MANFAAT BUKU

Buku ini menyadarkan kita bahwa hidup itu berasal dari sebuah mimpi,karena dengan adanya mimpi maka segala hal yang kita harapkan dan kita inginkan akan terwujud dengan didasari oleh usaha yang keras dan keinginan yang kuat.
Seperti potongan puisi yang berada di dalam novel ini:
Karena hanya bersama kamu, segalanya terasa dekat, segala sesuatunya ada, segala sesuatunya benar. Dan Bumi hanyalah sebutir debu di bawah telapak kaki kita.

  • DATA DIRI

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More