Senin, 24 Oktober 2011

Tri Senja Bastiana


  • Identitas buku :
-          Judul  : jingga dalam elegi
-          Pengarang : Esti Kinasih
-          Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
-          Tahun terbit : 2011
-          Kota terbit : Jakarta
-          Tebal buku :385 halaman
-          Harga buku : Rp. 50.000
  • Sinopsis Buku Jingga Dalam Elegi…
Dalam buku ini menceritakan tiga orang yang mempunyai nama yang hampir sama, yaitu matahari senja atau ari, jingga matahari atau tari, dan matahari jingga yaitu ata. Ari dan ata adalah saudara kembar yang hanya berbeda sifat ari adalah seorang yang baik, penurut dan rajin pada masa kecilnya dan ata adalah anak yang bandel, dan nakal pada masa kecilnya. Pada umur 8 tahun orang tua ari dan ata memutuskan untuk bercerai dan membagi dua ana mereka ari ikut bersama papanya dan ata ikut bersama mamanya. Ari sangat kaget mendengarnya mamanya lebih memilih ata dibandingkan dia padahal ari adalah anak yang penurut dan rajin dibandingkan ata yang selalu tidak mau jika dimintai tolong oleh mamanya, menurutnya dia selalu ada pada saat mamanya membutuhkan dia seperti menemani pada saat mamanya berkerja dan mau jika disuruh mamanya, tapi ari bingung mengapa mamanya lebih memilih ata dibandingkan dia. Dan pada saat itu ari memutuskan untuk menjadi ata yang nakal dan suka mencari gara-gara.
Dan ari pun tidak sengaja bertemu dengan tari yang baru dia ketahui kalau nama asli tari adalah jingga matahari kebalikan dari nama saudara kembarnya dan entah sejak kapan ari pun mulai menyadari bahwa ia menyukai tari, tapi sejak tari tau kalau ari adalah pentolan sekolah yang sering diandalkan dalam tawuran ia pun mulai berusaha menjauh. Ari yang bingung kenapa tari tiba-tiba tari menjjauh akhirnya merencanakan sesuatu. Akhirnya tari pun mulai menjauh dari ari dan tanpa sengaja pada saat tari jalan bersama vio sahabat dekatnya ia bertemu dengan ari tari pun kaget tapi ternyata cowok itu bukan ari melainkan ata saudara kembar ari. Akhrinya pun tari menemukan kecocokan antara dirinya dan ata. Dia menganggap ata adalah kebalikan dari ari, ata yang dia lihat adalah ata yang baik dan sopan santun dan tari pun merasa nyaman berada didekat ata. Akhirnya ari yang mengetahui bahwa tari sedang dekat dengan ata saudara kembarnya mulai marah karena saingannya saat ini bukan lagi musuh bebuyutannya melainkan saudara kembarnya sendiri dan ari pun akhrinya mulai mendekati tari lagi. Tari yang mulai kesal karena kembalinya ari kedalam hidupnya sekarang terus bercerita tentang ari kepada ata, ata pun selalu mendengarkan cerita tari. Tapi saat ata dan tari mulai dekat ari memberi tahu sesuatu bahwa ata pun sama seperti dirinya yang bandel dan suka cari gara-gara. Dan pada saat tari bertemu dengan ata untuk janjian, ata menunjukan semuanya dia memang terlihat mirip dengan ari di depan tari ia mengeluarkan sesuatu yang sebelumnya belum pernah ia lihat pada diri ata. Ata merokok dan ternyata ata mengajak tari ke rumah ari yang tidak pernah diketahui oleh siapa pun termasuk teman-teman dekatnya oji dan ridho. Tari dia ajak untuk memasuki rumah ari dan pada saat didalam ata memberi tahu sesuatu yang sangat mengejutkan tari. Ata mengeluarkan sebuah ponsel yang sangat mirip dengan ponsel ari, awalnya tari biasa saja melihatnya tapi sehabis itu ata juga mengeluarkan hp yang sering ia pakai. Setelah itu tari mengetahui bahwa sebenarnya ata dan ari adalah satu orang yang sama, tari shock dan akhirnya pergi.
 Ari selalu berusaha untuk berbicara kepada tari, tapi tari selalu menghindar. Dan akhirnya ari memutuskan untuk pergi ke bali dan pada saat itu akhirnya tari merasa bersalah dan memutuskan untuk sms ari. Ari yang tahu dapat sms dari tari langsung memutuskan untuk pulang kejakarta hari itu juga.dan pada saat sampai dijakarta ari langsung mendatangi tari di rumahnya.
  • Manfaat  :
Sebagai hiburan untuk para pembacanya

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More