Minggu, 30 Oktober 2011

Fikri Abdillah

Sinopsis
“confession of a not it girl (Bukan Cewek Gaul)”
Penerbit: Gramedia
ISBN: 979-22-1252-3
Tebal: 227 hal
Terbit: Maret 2005
Soft cover
Harga: Rp 30.000,-

Jan Miller sebal pada apapun yang melekat padanya. Namanya yang nggak keren, rambutnya yang mengembang, pantatnya yang gede, ibunya yang serampangan, ayahnya yang aneh. Coba ia seperti sahabatnya yang cantik, langsing, punya ayah-ibu yang keren, sudah keterima di universitas terkenal lewat saringan awal.

Tapi kita kan nggak bisa milih bagaimana kita hidup. Karena itu Jan mau nggak mau harus menelan rasa irinya saat melihat kehidupan sosial sahabatnya yang heboh dengan pacar anak kuliahan. Sedang Jan, cuma sampai pada tahap naksir cowok sekelas. Itu saja nggak sukses, karena Tom Richmond, cowok keren yang pertama ia taksir, dan setelah itu ternyata juga punya perhatian khusus pada jan, ternyata nggak pinter nyium. Ia bahkan nyarin bikin Jan tenggelam di kubangan air liur Tom. Terus ada Josh Gardner, cowok imut anggota tim football yang sekelas dengannya di Bahasa Inggris. Sayang kayaknya Josh sudah punya pacar keren di luar kota. 

Sebuah cerita tentang cewek biasa-biasa saja yang pengen punya pacar, dari sudut pandang orang pertama. Confessions of a Not It Girl mengajak kita bersimpati pada ‘penderitaan’ Jan Miller, dan senyam-senyum sendiri membayangkan kejadian-kejadian memalukan yang harus sering ia lalui karena kebiasaannya melebih-lebihkan adegan.
Ini seperti sebuah kisah Cinderella yang mampu membuat masalahnya sirna pada saat ia mengenakan gaun yang tepat. Bisa dibayangkan kan, kalau kamu bakal nemu plot standar? Tapi Melissa Kantor menyampaikannya secara lucu dan cerdas. Hingga kita bisa ikut mengharu-biru, dan memberikan simpati pada si Jan Miller. Pada akhirnya, kita akan diberi pesan, bahwa apa yang tampak indah di luaran, kadang tidak seindah yang kita bayangkan. Dan kesalahpahaman bisa muncul hanya karena kita tidak mau bertanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More